15 Jun 2011

Kubung


?
Colugo.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Infrakelas: Eutheria
Superordo: Euarchontoglires
Ordo: Dermoptera
Illiger, 1811
Famili: Cynocephalidae
Simpson, 1945
Genera

Kubung (bahasa Inggris: colugo) adalah hewan nokturnal sejenis tupai yang terdapat di Asia Tenggara. Nama ilmiahnya Cynocephalus variegatus, dan termasuk dalam ordo Dermoptera. Hewan ini memiliki kulit tipis elastis yang terdapat pada sekitar kedua kakinya, sehingga ia mampu melayang dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Dalam bahasa Inggris, kubung dikenal juga dengan cobego atau flying lemur. Meskipun disebut dengan lemur yang dapat terbang, kubung bukanlah lemur dan tidak memiliki kemampuan terbang. Kubung termasuk herbivora, ia makan tumbuh-tumbuhan seperti daun, sayuran, bunga, dan buah.


Kubung dapat dijumpai di sekitar Asia Tenggara termasuk Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura.

Pembiakan

Sebagai mamalia, kubung berdarah panas, melahirkan anak, menjaga anak, dan mempunyai bulu di badan. Kubung akan menjaga anaknya hingga mampu hidup mandiri.

Ragam jenis

Terdapat dua spesies lain, kubung Filipina adalah jenis kubung yang ukuran tubuhnya lebih besar.

Mitos

Di daerah Rejang, suara kubung yang terdengar di sekitar pemukiman desa, dianggap pertanda akan ada penduduk sekitar desa tersebut yang akan meninggal dunia. Sampai sekarang, mitos tersebut masih dipercaya oleh sebagian besar suku Rejang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar