14 Jun 2011

Kelinci Penggemar Wortel

Maukah kalian belajar lebih banyak tentang kelinci, makhluk kecil cantik yang kadang-kadang kita pelihara di rumah sebagai binatang kesayangan? Kita selalu ingat akan mereka dengan bulu putih saljunya, yang menyenangkan saat dibelai, dan juga pada cara mereka mengerat wortel. Mari kita teliti beberapa sifat menarik binatang ini, yang barangkali belum begitu kita kenal.


Jika kalian mencoba mendekati kelinci, kalian pasti mengakui betapa cepatnya mereka lari. Tahukah kalian bahwa binatang ini dengan mudah dapat merasakan kehadiran musuhnya melalui telinganya yang panjang, bahkan ketika kepala mereka merunduk saat makan rumput? Berkat pendengaran mereka yang tajam kalian akan sukar mendekat tanpa sepengetahuan mereka. Segera, mereka akan merasakan suara atau gerakan kecil dan akan lari menjauh.

Kelinci memiliki panjang 50 sampai 70 sentimeter ketika tumbuh dewasa. Kaki belakang mereka lebih panjang dan lebih kuat daripada kaki depan. Itulah mengapa mereka dapat berlari dengan kecepatan 60 sampai 70 km per jam dan dapat meloncat ke depan dengan jarak 6 meter sekali waktu. Kelinci bergerak lebih cepat daripada sebuah mobil yang berjalan di perkotaan.

Semua kelinci memiliki sifat-sifat ini semenjak lahir. Allah telah menciptakan mereka sebagai pelari cepat dan dengan demikian memungkinkan mereka lolos dari pemangsanya dengan mudah.

Menurutmu jawaban apa yang akan muncul jika seekor kelinci ditanyai: “Apa makanan kesukaanmu?” Ya, kalian benar. Mereka akan menjawab “wortel”. (Sementara itu, ingat juga bahwa wortel bagus untuk kesehatan mata). Baiklah, tahukah kalian bahwa kelinci hidup dalam lubang-lubang yang mereka gali di bawah tanah, dan bahwa wortel tumbuh ke dalam tanah juga? Sebagaimana kalian tangkap maksud dari pertanyaan ini, wortel telah diciptakan dengan sifat yang amat cocok dengan kebutuhan kelinci.

Juga bagi kita, manusia, Allah membuat segala sesuatu mudah untuk digunakan. Misalnya, jeruk yang kalian makan di musim dingin. Jika tidak terbagi-bagi, akan sangat sukar bagi kalian untuk memakannya, karena jeruk sangat berair. Akan tetapi, Allah, Yang menciptakan segala sesuatu di sekelilingmu, juga menciptakan buah lezat penuh vitamin C ini dalam bentuk terbagi-bagi, siap disantap, dalam kemasan khususnya. Kini kembali pada kelinci! Seekor kelinci dapat dengan mudah mengerat wortel dengan gigi-gigi depannya yang selalu tumbuh yang juga menjadikannya terlihat manis.

Selain kebutuhan makannya, Allah memberikan makhluk hidup berbagai sifat yang memudahkan kehidupan mereka. Berbagai jenis kelinci dengan sifat yang berbeda hidup di muka bumi ini. Kelinci yang hidup di daerah dingin, misalnya, umumnya berwarna putih. Ini merupakan sifat penting yang membuat mereka tidak terlihat di atas salju dan memungkinkan mereka bersembunyi dengan mudah. Kelinci liar, yang biasanya lebih besar dari kelinci-kelinci lainnya memiliki kaki dan telinga lebih panjang. Sementara itu, kelinci gurun di Amerika, memiliki telinga yang amat besar. Telinga ini membantu kelinci mendinginkan tubuh.

Di alam, kebanyakan binatang hidup dalam wilayah yang mereka tandai untuk mereka sendiri. Hal ini mirip dengan kita yang hidup dalam rumah yang nyaman dan dikelilingi oleh anggota keluarga kita. Binatang dan kelompok binatang biasanya menghindar dari memasuki wilayah binatang lain. “Meninggalkan bau” merupakan satu cara yang dipakai oleh para binatang untuk menandai wilayah mereka. Rusa, misalnya, meninggalkan zat dengan bau seperti “ter” pada ranting-ranting panjang dan rerumputan untuk menandai wilayah mereka. Zat ini, yang dikeluarkan dari kelenjar di bawah mata, memberitahukan pada rusa lainnya bahwa kawasan tersebut telah dihuni. Di lain pihak, rusa kutub memiliki kelenjar bau pada ujung kaki belakang yang dengannya mereka menandai wilayah kekuasaan mereka. Kelinci menandai wilayah kekuasaannya dengan kelenjar pada dagunya.

Seperti yang telah kita lihat, Allah menciptakan binatang dengan sifat penting yang sangat menarik. Mempelajari semuanya ini membuat kita kagum pada ciptaan Allah yang tanpa cela. Kita ingat bahwa Allah adalah Pencipta kita dan kita bersyukur kepada-Nya. Ingatlah bahwa Allah memerintahkan manusia untuk memikirkan nikmat-Nya dan pandai bersyukur. Dalam Alqur’an Allah berfirman bahwa Dia akan memberi pahala bagi yang bersyukur:

Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (Surat Ali Imran: 145)

Anak-anak! Jadi, kalian harus selalu ingat untuk bersyukur atas nikmat dan keindahan di sekeliling kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar