25 Jun 2011

Hotel Hyatt Regency Yogyakarta

Lebih dari sekedar hotel resor, Hyatt Regency Yogyakarta yang berada di sebelah barat daya kota budaya ini menawarkan fasilitas ruang pertemuan sekaligus wahana rekreasi yang begitu mempesona dalam balutan pemandangan alam Gunung Merapi. Berdiri di atas lahan seluas 24 ha, Hyatt ini terluas di Yogyakarta. Di sini Anda dapat leluasa menikmati hijaunya hamparan taman yang indah. Tak disangka, keasrian atmosfir alam ini dapat Anda peroleh di tengah kota.

Tempat ini pun sangat cocok untuk Anda penggemar golf. Bentangan lapangan golf 9 hole buah desain kolaborasi dua perusahaan asal Hawaii yaitu Fissete Golf Design dan Tongg, Clark & Mc.Celvey ini menanti untuk Anda jelajahi. Di Hyattlah satu-satunya hotel yang memiliki lapangan golf. Tak kalah menariknya, hotel ini memiliki kolam renang spektakuler dengan papan luncur air sepanjang 70 meter, health club yang terdiri dari jacuzzi, sauna, spa, jogging track mengelilingi hotel dan Camp Hyatt – fasilitas bermain khusus untuk anak-anak.

Untuk restoran, Hyatt Regency Yogyakarta memiliki Kemangi Bistro dengan open-show kitchen, sebuah konsep dimana para tamu dapat langsung menyaksikan kepiawaian para juru masak hotel bintang lima ini dalam meramu, meracik serta menyiapkan menu – menu special sebelum disajikan ke tamu.

Untuk menuju ke hotel ini cukup mudah. Hanya 15 menit dari Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Letak yang strategis di pusat kota Yogyakarta memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin berbelanja ke Malioboro ataupun pusat kebudayaan seperti Keraton Yogya, Candi Borobudur, Museum Batik Ullen Sentalu, Museum Affandi, Kota Gede – pusat kerajinan Perak dan wayang kulit, Kasongan, Candi Prambanan, Candi Sambisari dan sebagainya.

• 3 ruang meeting yaitu Sukoharjo room kapasitas 150 orang, Pedan Ball room, 500 orang dan executive lounge untuk 50 orang.
• 1 Fucntion Room kapasitas 1500 – 2000 orang, dan 5 ruang meeting room kapasitas 75 – 100 orang.
• Akses internet ( Hotspot ) selama 24 jam di area Lobby, Ratu Ratih Coffee Shop, Sekar Jagad PUB & Karaoke, serta di semua ruang meeting
• 138 kamar
• Layanan restoran 24 jam
• Bussiness centre, dan toko souvenir.

Jl. Gajah Mada No. 82 Solo
T : 0271 44-144
F : 0271 44-133

Tinggalkan sebuah Komentar

Filed under Hotel MICE

September 16, 2008
HOTEL SAHID JAYA SOLO

Dulu hotel ini dikenal dengan nama Hotel Sahid Raya Solo, hotel tertua yang merupakan cikal bakal dari Sahid Group Hotel yang ada di seluruh Indonesia. Baru awal tahun lalu sejak 1966 didirikan, hotel ini berganti nama menjadi Hotel Sahid Jaya. Manajemen pun giat berbenah meningkatkan pelayanan kepada para tamunya. Keseriusan untuk menjadi yang terbaik di Solo diwujudkan dengan keberhasilan meraih predikat baru sebagai hotel bintang lima, satu-satunya hotel bintang lima yang ada di kota budaya dan pariwisata itu.

Di sini pesona budaya Solo dapat Anda rasakan atmosfernya. Ini tercermin dari sentuhan arsitektur budaya Jawa moderen pada desain interiornya. Ketika Anda memasuki area lobi bangunan 11 lantai ini, Anda akan disambut dentingan suara gamelan yang mengalun syahdu. Tulisan jawa yang melekat pada dinding dan atap lobi memberikan kesan tersendiri bagi Anda yang ingin menyelami budaya Solo lebih dalam. Selain menikmatik pesona ‘the spirit of Java’ Solo, urusan bisnis Anda pun dapat lancer di sini. Karena, hotel ini juga menyediakan aneka kebutuhaan meeting Anda.

Pada 5 Juli 2008 lalu, bertepatan dengan hari jadinya ke-43, hotel ini kembali mengukir prestasinya dengan meraih rekor MURI atas penyelenggaran konser musik di tempat tertinggi yang pernah ada di Indonesiaa. Di ketinggian 11,5 meter, sejumlah group musik unjuk kebolehannya di atap gedung Hotel Sahid Jaya sejak pukul 19:00 hingga 23.30 wib

Fasilitas :

3 ruang meeting yaitu Sukoharjo room kapasitas 150 orang, Pedan Ball room, 500 orang dan executive lounge untuk 50 orang.
1 Fucntion Room kapasitas 1500 – 2000 orang, dan 5 ruang meeting room kapasitas 75 – 100 orang.
Akses internet ( Hotspot ) selama 24 jam di area Lobby, Ratu Ratih Coffee Shop, Sekar Jagad PUB & Karaoke, serta di semua ruang meeting
138 kamar
Layanan restoran 24 jam
Bussiness centre, dan toko souvenir.

Cyberbus Omahmlaku : Laku untuk Jalan-jalan dan Bisnis

Ini adalah bis supermewah pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap ala kantor dan rumah. Harga sewanya pun melejit hingga puluhan juta rupiah. Sayangnya, bis ini baru satu unit, sehingga untuk memesannya Anda harus mengantri…

Belum genap setahun sejak diluncurkannya bulan Februari 2008, Cyberbus yang memiliki nama khas Jawa ‘Omahmlaku’ atau rumah berjalan ini terus kebanjiran pesanan. Baik datang dari kalangan keluarga, artis, perusahaan maupun instansi pemerintah. Soal harga memang relatif. Bisa dikatakan mahal, bisa juga tidak sama sekali. Apalagi jika harga yang dikeluarkan itu sebanding dengan fasilitas yang diperoleh, tidaklah mustahil klien Anda pun akan ketagihan dan dengan senang hati tanpa diminta secara otomatis akan mempromosikannya pada orang lain. Seperti yang dialami oleh Omahmlaku, yang menjadi ikon Recretional Vehicle-nya Indonesia.

Cyberbis keluaran Perusahaan Otobus (PO) Nusantara ini, menurut Andy Darmawan, Manajer IT PO Nusantara sama sekali belum pernah beriklan dan melakukan promosi khusus. Hanya di awal peluncurannya pernah mengundang sejumlah wartawan media lokal untuk bersama-sama melakukan roadshow pengetesan jaringan Indosat yang dipasang dalam bis di sejumlah kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Untuk pengadaan fitur Cyberbis ini PO Nusantara menggandeng PT Indosat regional Semarang. Selang berapa lama, Omahlaku pun menjadi pembicaraan cukup seru di sejumlah media lokal, nasional, dan blog internet. Publikasi gratis pun menyebar hingga ke telinga komunitas Bis Mania. Tak heran, selama beberapa bulan sejak peluncuran, bis ini menjadi diskusi hangat di dunia maya yang diikuti berbagai kalangan. Rata-rata respon mereka pun sangat positif dan mengaguminya meski beberapa ada yang berceloteh bus supermahal dan meragukan kenyamanan penggunaan laptop dalam bis. Sejak saat itu pemesanan terus berdatangan. Bahkan sejak peluncurannya di bulan Februari hingga Mei 2008, bis ini sudah fullybook.

“Fenomena ini sungguh diluar dugaan kami. Karena pada awalnya kami memang tidak bermaksud menyewakan, hanya untuk keperluan pribadi Bapak Handoyo Budijanto” tutur Andy dengan sumringah. Sebagai orang lama di PO Nusantara, Andy tahu benar bagaimana proses lahirnya Omahmlaku. Ia bercerita, pemilik perusahaan bis PO Nusantara, Handoyo Budijanto sudah lama bermimpi ingin memiliki bus super lengkap dengan fasilitas lux yang memudahkannya berkoordinasi dan memantau operasional perusahaannya yang kini memilki armada berjumlah 300 unit. “Sambil bekerja, biar sekalian berwisata. Karena Bapak suka traveling bersama keluarga,” Andy bercerita.

Inspirasi lahirnya ide itu tentu tak lepas dari pengalaman Handoyo melakukan perjalanan ke luar negeri, kerap menemui bis-bis serupa bersileweran di jalan. Di Eropa dan Amerika Recreational Vehicle (RV) ini memang sudah demikian populer. Tetapi untuk Indonesia, bisa dikatakan langka karena belum ada yang berani berinvestasi membuatnya.

Alasannya, tentu adalah masalah modal yang tidak sedikit. Bisa dimaklumi, untuk pengadaan Omahmlaku, PO Nusantara yang berkantor pusat di Kudus ini berinvestasi sekitar Rp 4 Miliar.

Tahun 2005, Handoyo mulai melakukan gerilya mencari mesin terbaik yang pas untuk kendaraan RV termasuk juga menawarkan kerja sama ke sejumlah operator. Idenya membuat RV kerap dinilai aneh oleh sejumlah operator. Ia pun menemui penolakan dari beberapa operator seluler ternama negeri ini. “Alasan mereka cukup bisa dipahami karena kondisi jalan di Indonesia yang masih belum baik dan merasa pesimis terhadap respon pasar,” terang Andy. Tapi, yang namanya Handoyo tetap bersikeras, toh memang ia tidak bermaksud mengkomersilkan. Hanya untuk keperluan pribadi saja. Diantara sejumlah operator yang menolak itu, hanya Indosat Regional Semaranglah yang menerima. “Sebenarnya kami hanya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa fasilitas internet bisa dinikmati di dalam bis. Singapura bisa, kenapa kita bisa,” ujar Antonius Welly Purnomo, Value Added Services and Community, Indosat Regional Semarang.

Kurang lebih 3 tahun, impian Handoyo menjadi kenyataan. Awal 2008, bis hasil karoseri Adiputro Malang yang berkonsep rumah-kantor berjalan ini siap meluncur. Jika dilihat dari body bis, desain, mesin, juga fitur telekomunikasi yang digunakah, investasi milyaran rupiah itu cukup masuk akal. Bayangkan saja, begitu memasuki bis berukuran standar 12 x 3 meter, Anda seperti memasuki rumah mewah. Desain interior hasil karya desainer bis PO Nusantara ini tertata apik bernuansa moderen minimalis dengan warna coklat muda terlihat elegan. Di dalamnya terdapat ruang meeting informal yang terdiri dari sofa panjang berlapis kulit dan dua sofa putar. Di sudut kanan dan kirinya tersedia pula sofa kecil plus meja yang bisa digunakan untuk internet atau menyelesaikan pekerjaan kantor.

Jika tubuh Anda pegal-pegal, tersedia kursi pijat elektrik yang menghadap langsung ke layar LCD TV screen 32 inch . Seperangkat DVD player pun dapat Anda gunakan untuk karaoke. Sebagaimana layaknya rumah, di dalamnya ada hamparan kamar tidur dengan 2 tempat tidur susun yang dilengkapi TV screen 20 inch. Di ruang terpisah, terdapat pula toilet, dapur kering mini lengkap dengan microwave, kulkas, lemari dan meja makan. Anda dapat menikmati semua fasilitas tersebut tanpa khawatir mati listrik. Pengelola telah menyiapkan daya listrik sebesar 2.000 watt dengan 75 watt tambahan. Untuk kenyamanan optimal, bis ini dapat ditumpangi maksimal 10 orang.

Akses internet pun tidak kalah serunya Anda nikmati meski bis dalam keadaan berjalan. Karena teknologi High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) atau 3,5 G yang disediakan Indosat dapat memberikan layanan data atau internet dengan kecepatan hingga 3,6 Mpbs. Kecepatan ini dapat optimal dipakai pada dua laptop, sekaligus melakukan video conference melalui webcam maupun Voice over Internet Protocol( VoIP). Layanan 3,5 G ini telah terakses Virtual Private Network (VPN) sehingga dapat dimanfaatkan jika Anda ingin berkomunikasi dengan kantor Anda melalui jaringan intranet. Jika suatu daerah kedapatan tidak ada jaringan 3,5 G, internet tetap bisa diakses dengan menggunakan jaringan GPRS yang berpindah secara otomatis tanpa Anda ketahui. Kendati begitu, baik tidaknya penerimaan data dan lancarnya proses komunikasi menurut Antonius Welly, sangat tergantung dari provider di kantor tempatnya berkomunikasi.

Semua aktivitas tersebut dapat anda lakukan dalam bis tanpa Anda merasakan sedikitkpun goncangan disebabkan kondisi jalan rusak dan tidak rata. Kestabilan Kecanggihan tersebut diciptakan dari mesin tengah Volvo tipe B12M 12.000 cc (bus pariwisata umumnya 6.000 – 8.000 cc) yang menyemburkan tenaga sebanyak 420 HP (Horse Power). Apalagi didukung dengan teknologi suspensi udara yang bisa diatur sehingga Anda benar-benar seperti melayang stabil tanpa merasakan getaran yang berarti. Kendatipun bis ceper ini tengah melintasi jalan tidak rata, mesin ini akan mengaturnya sehingga berjalan sangat lambat. “Mesin ini diimpor khusus dari Swedia dan harganya sangat mahal,” tutur Andy yang mengaku belum ada kendaraan di Indonesia yang memiliki mesin ini.

Niat awal bukan untuk komersil rupanya tidak bertahan lama. Handoyo pun mengendus peluang bisnis dari pasar yang terlanjur diciptakan. Baru berumur tiga minggu, order dari sejumlah perusahan, instansi pemerintah, ataupun pribadi satu per satu berdatangan. Ada yang untuk perjalanan bisnis, menjamu tamu dan pejabat luar daerah. Omahmlaku pun laku disewakan dengan tarif Rp 5 juta per 18 jam awalnya.

Dalam sebulan bisa mencapai 3 sampai 5 pemesanan. Jumlah ini selintas terlihat kecil. Tapi ini memang angka ideal untuk batasan pemesanan. Rupanya untuk memesan bis ini, pengelola telah menentukan batas minimal waktu perjalanan dan jarak. Hukum ekonomi pun berjalan. Makin dibutuhkan, harga pun makin tinggi. Bersamaan dengan naiknya BBM, tarif bis dinaikkan menjadi Rp 6 juta per 18 jam dengan minimal pemakaian tiga hari untuk rute Jakarta- Bandung. Sedangkan untuk Jakarta –Yogyakarta, minimal penyewaan enam hari dan untuk Jakarta – Surabaya, minimal delapan hari.

“Tarifnya kita tetapkan sama, yang berbeda hanyalah batas minimal pemakaiannya,” tambah Andy. Semakin jauh jarak, semakin lama minimal pemakaiannya. Tarif sebesar itu hanya untuk sewa bis sekaligus menikmati fasilitas di dalamnya dan ongkos bensin. Sekalipun di dalam tersedia dapur kering dan kulkas, untuk makanan dan minumannya diserahkan sepenuhnya kepada Anda.

Soal tarif rupanya tidak begitu mengganggu sejumlah kalangan tertentu. Sebut saja bagi pengusaha komputer dan penulis buku komputer asal Semarang, Lukas Lukmana. Ketika itu, bulan Maret, ia mendapat informasi Omahmlaku dari membaca surat kabar lokal. Pria yang hobi traveling ini langsung tertarik. Kebetulan pada saat itu ia juga punya acara membuat video klip ruhani anaknya. Tanpa berfikir panjang, ia langsung memboyong istri, dua orang anaknya serta kru menikmati Omahmlaku selama dua hari satu malam. Demi perjalanan berjalan lancar, sebelumnya ia mempersiapkan rencana perjalanan tempat-tempat mana yang akan dikunjungi di Semarang dan Solo untuk dilaporkan pada pengelola bis. Aturan ini memang diberlakukan pengelola untuk seluruh penyewa untuk mempermudah pemantauan bis. “Meski mereka telah menyewa, selama perjalanan tetap kita pantau,” terang Andy.

Pelayanan yang optimal ini memberikan kepuasan tersendiri bagi Lukman. “Wah kalo seandainya bis ini ada sejak dulu, Saya pasti jadi langganannya. Senang sekali, saya bisa menikmati perjalanan sambil bekerja,” ujar Lukman puas dan dengan senang hati pula mempromosikan bis ini ke beberapa koleganya. Kendati begitu, Lukman menyayangkan bis ini belum bisa dipakai untuk luar Jawa karena ia ingin sekali berlibur ke Bali dengan Omahmlaku. Keterbatasan ini pun diakui Andy. Sebenarnya bukanlah masalah fasilitas jalan, tetapi lebih pada body bis Omahmlaku yang terlalu ceper sehingga menyebabkan mesin bisa menyeruduk bagian tertentu saat penyeberangan dengan kapal Feri.

Kepuasan senada dirasakan karyawan Pabrik Rokok (PR) Sukun asal Kudus, Bambang Wijayanto yang kerap mengatur perjalanan bisnis kantornya. Beberapa kali ia menyewa Omahmlaku untuk berbagai keperluan. Diawali pada bulan April lalu, bersama 8 orang tim penjualan perusahaannya mengadakan perjalanan bisnis ke kantor Cabang di Semarang. Mereka pun memanfaatkan optimal fasilitas bis ala kantor ini. Pengalaman yang menyenangkan ini mendorongnya kembali menyewa Omahmlaku di bulan berikutnya. Tapi bukan untuk keperluan bisnis di kantornya, melainkan untuk menjemput artis ibu kota yaitu Rosa, Yuni Sara, dan Tompi untuk mengisi hiburan resepsi anggota keluarganya. Selama perjalanan dari Bandara, diakui Bambang, para artis ibu kota itu sangat senang. Mereka bisa istirahat memelihara stamina sebelum manggung. Bahkan, ketika ditawarkan ruang lain untuk ganti kostum, mereka lebih memilih kamar di Omahmlaku. Respon dari artis yang positif ini segera menggerakkannya untuk memesan bis ini untuk bulan Agustus dengan tujuan sama yaitu menjemput artis. Karena, di bulan Agustus, perusahaannya akan mengadakan event promosi.

Pada saat itu, pemesanan dari berbagai instansi sudah mulai marak. Tiket yang sudah reservasi itu harus waiting list, bisa dapat bisa juga tidak. Dan benar saja, ketika menjelang hari H, ia tidak kebagian karena pada saat bersamaan bis yang dilengkapi CCTV ini digunakan oleh Wakil Presiden, Yusuf Kalla yang ingin meninjau pabrik gula di Kendal Jawa Tengah. Belum lama, Omahmlaku juga disewa oleh sejumlah menteri, salah satunya Menteri Perindustrian, Rini Suwandi untuk kunjugan kerja ke daerah. Artis Ahmad Dani pun pernah memakai bis untuk liburan, menyusul artis tiga Diva (Titi DJ, Ruth Sahanaya, dan Krisdayanti) untuk perjalanann konsernya ke Jogya, Solo dan Semarang.

Bis ini memang merupakan jawaban atas kebutuhan bukan saja bagi para eksekutif yang punya mobilitas tinggi, tetapi juga keluarga, dan para artis. Respon pasar yang antusias ini segera ditangkap PO Nusantara untuk membuat Omahmlaku jilid dua dengan standar mesin tidak setinggi jilid satu. Tingginya investasi masih perlu hitung-hitungan bisnis yang seksama. Meski Andy tidak menyebut berapa lama bis jilid satu ini akan balik modal, setidaknya keberanian PO Nusantara menangkap peluang pasar menjadi keunggulan tersendiri bagi perusahaan yang telah malang melintang selama kurun waktu 40 tahun.

Bis Omahmlaku jilid 2. direncanakan akan keluar pada Mei 2009 dengan menggunakan mesin Scania Irizar front engine 9.000 cc masih keluaran Swedia. Dengan kapasitas mesin bis super eksekutif ini, tentunya fitur-fitur dalam bis Omahmlaku sebelumnya akan turut disesesuaikan. Yang jelas, harganya bias lebih murah sehingga dapat terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Anda ingin mencoba ? KARTINA IKA SARI

Bagi sebagian orang merasakan nuansa berbeda jika mengadakan pertemuan atau pesta pernikahan di lingkungan mesjid. Pusdai menangkap celah itu. Keberadaannya bukan sekedar venue salat, tetapi juga venue untuk meeting, gathering, pernikahan bahkan wisuda. Dan, lewat venue inilah pundi-pundi rupiah itu mengucur deras…



Ini menjadi salah satu referensi bagi kalangan industri MICE bahwa untuk mencari venue tidak hanya berujung pada convention hal, hotel, mal atau gedung pertemuan lainnya. Cobalah untuk melihat Pusat Dakwah Islam (Pusdai) di Jalan Diponegoro 63 Bandung. Lokasi yang cukup prestise di kota Bandung. Berdekatan dengan Gedung Sate dan Lapangan Gasibu.



Sepintas dari namanya, memang kurang populer bagi MICE. Namun jika ditelisik lebih dalam, nama ini juga menyemburatkan makna MICE, Pusat Dakwah Islam. Dakwah adalah suatu aktivitas yang mengabarkan hal-hal yang berguna bagi manusia dalam hidupnya. Tentunya hal ini memang sarat dengan nilai kedekatan manusia dengan Tuhannya. Jika diasosiasikan, MICE ini juga merupakan suatu bentuk aktivitas manusia, yang sudah barang tentu berguna bagi kelangsungan hidup.



Namun apalah arti sebuah nama, jika tidak mencerminkan aktivitasnya. Sebagai sebuah Pusat Dakwah Islam, bangunan milik Pemda Jawa Barat seharga Rp 49 Miliar ini sejak awal memang dirancang bukan hanya untuk tempat ritual ibadah dan memperdalam ilmu agama, tetapi lebih dari itu yaitu sebagai pusat kegiatan social kemasyarakatan (muamallah), pusat pendidikan, dan pusat kegiatan ekonomi umat.



Itulah mengapa di atas lahan 4,5 Ha tersebut berdiri bukan hanya mesjid, tetapi juga beberapa ruang Pusat kegiatan dakwah : Gedung Serba Guna (GSG) Bale Asri, ruang seminar, plaza ruang terbuka, perpustakaan dan lembaga bahasa, perkantoran, balai pengobatan, wartel, butik, minimarket dan kantin. Bahkan bulan Ramadhan ini akan dibuka ruang baru, ruang multimedia berkapasitas 50 orang.



Sebagai daya tarik, bangunan yang dikelola Yayasan Darma Asri ini punya arsitektur yang menarik dan unik. Ini bisa dilihat dari susunan bangunannya yang khas Timur Tengah. Ditandai dengan atap beton, tidak bergenteng. Ornamen lanskap yang bercelak seperti daun yang saling menguntai satu sama lain. Belum lagi lorong-lorong yang tersambung harmoni dalam untaian setengah lingkaran yang menghubungkan antar tiang-tiangnya. Balutan warna hijau muda keabuan pada gedung Pusdai ini semakin menambah kesan lapang meneduhkan.



Anda pun dapat menikmati ornamen ukiran kayu yang memadukan motif Sunda dan Melayu. Kesan Melayu ini jelas kentara pada ukiran dinding utama Bale Asri dan mesjid utama. Sehingga banyak orang memandang mesjid ini adalah perpaduan arsitektur Melayu dan Timur Tengah.



Tak percuma memang menghabiskan dana puluhan Miliar dalam waktu pembangunan 20 tahun kalau pada akhirnya memanen buah yang manis. Ya..sejak 1997 diluncurkan, Pusdai Bandung berhasil menyemarakkan kegiatan keislaman di kota Bandung. Yang paling membanggakan adalah mesjid ini berdaya. Berdaya sebagai venue yang multifungsi. Bahkan, dari venue-venue itulah Pusdai hidup. Bukan hanya bisa menghidupi dirinya sendiri, tetapi juga berkontribusi pada pemiliknya, Pemda Jabar. Ini menepis penilaian banyak orang bahwa mesjid identik dengan obyek peminta uluran tangan donatur. Pusdai justru berupaya menciptakan tren. Dari mesjidlah potensi ekonomi itu terkuak. Dan, tren itu kini tengah menyempurnakan bentuknya. Mesjid menjadi tempat pertemuan yang punya nilai tersendiri, yang belum dapat terisi oleh venue lainnya.



Gedung Serba Guna (GSG) Bale Asri itulah terobosannya. Keberadaannya kini menjadi ‘mesin pencari uang’ segala aktivitas Pusdai termasuk menghidupi ratusan karyawan mesjid. Untuk itu, memang dari awal Bale Asri yang memiliki luas 1200 meter persegi ini dikemas demikian serius. Mulai dari desain interior pada dindingnya yang berlapis kayu dan besi fernikel ini diukir dengan motif Melayu-Sunda klasik bercorak merah keemasan. Begitu memukau dan elegan. Dipadu dengan lantai marmer bercorak alam, menambah kesyahduan dan keasrian ruangan. Bukan itu saja, ruangan ini pun dilengkapi dengan dua pintu toilet, ruang pantry dan saji makanan khusus untuk catering seluas 200 meter persegi juga AC 100 peka. Bale Asri ini memang sangat pas untuk pesta pernikahahan tradisional, selain juga untuk pameran, gathering, training, dan wisuda.



Tak heran jika gedung ini cukup laris untuk acara pernikahan. Dalam sebulan, hampir tidak pernah nihil untuk pernikahan. Di bulan Agustus saja ada 12 acara. Bulan November 2008 ini yang bookinguntuk pernikahan sudah tercatat 18 acara. Belum lagi acara lainnya. Bisa dikatakan cuma tiga hari gedung ini merasakan refreshing.



Bulan Februari 2008 lalu, bale ini dipakai untuk tradisional wedding fair yang pertama di Bandung. Hasilnya sangat memuaskan penyelenggara, Igana Permana, dan sejumlah peserta pameran. Bagaimana tidak, pameran selama tiga hari itu bisa mendatangkan lebih dari 5000 pengunjung per harinya. Dan, tanpa mempertimbangkan lagi, Igana langsung membookingacara serupa di bulan yang sama tahun 2009.



Dari segi sewanya, Bale Asri siap disandingkan dengan hotel bintang empat dan lima. Bahkan dari harganya ini, semakin menambah prestise kalangan tertentu. Bayangkan saja, harga sewa gedungnya saja, Anda harus menyiapkan Rp 18,5 juta untuk pemakaian siang hari di weekend, dan Rp 20 juta malam harinya. Sedangkan, di hari biasa, Anda cukup membayar sewa Rp 12 juta siang hari, dan Rp 16 juta malam harinya. Harga ini sudah diperhitungkan dengan masa persiapan.



Harga itu sudah termasuk fasilitas standar seperti listrik 5000 Watt, AC, sound system 2000 watt 6 mix, 1unit karpet jalan, kursi pengantin, kursi susun 100 buah, dan panggung kesenian seluas 3,6 x 4 meter. Kemudian, pengelola juga menyediakan ruang VIP, ruas rias, dan mesjid lengkap dengan perlengkapan akad nikah jika pemangku hajat membutuhkannya. Di luar fasilitas standar, jika Anda membutuhkan fasilitas tambahan seperti partisi, meja dan kursi, karpet, Pusdai bisa menyediakannya. Tinggal disiapkan saja dana tambahannya. Harga sewa standar itu sudah temasuk ongkos tim pelaksana lapangan. Biasanya tiap hajatan, pengelola menurunkan sekitar 70 orang tim layanan terpadu yang terdiri dari tim kebersihan, keamanan, parkir, teknisi, mediator, MC, dan administrasi lainnya. Kecuali Anda memerlukan tim keamanan dari kepolisian, pengelola hanya mengurus ijinnya saja. Soal biayanya, dibebankan pada Anda.



Kapasitas Bale Asri hanya 2000 orang. Bila tamu Anda melebihi itu, area loby di luar gedung, selasar, dan area parkirnya bisa didesain apik sesuai yang dikehendaki. Total seluruh area sekitar 3000 meter persegi. Untuk keseluruhan area ini, sewanya sekitar Rp 30 juta per harinya. Untuk catering, decorasi, lighting dan perlengkapan lainnya, pengelola Bale Asri telah bekerja sama dengan sekitar 40 vendor terkait. Semuanya ini diserahkan kepada Anda. Mau menggunakan vendor rekanan atau bawa sendiri. Untuk kerja sama vendor ini, pengelola juga telah mengaturnya dalam kerja sama yang saling menguntungkan. Semacam sewa tempat, biaya listrik dan lainnya dikenakan langsung pada vendor-vendor tersebut. Untuk biaya ini dikenakan mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 1,5 juta per vendor.



Tanggung jawab pengelola tidak berhenti pada uang sewa masuk kantong. Dua minggu sebelum hari H, pengelola membentuk tim khusus yang berfungsi sebagai mediator untuk memastikan acara berlangsung dengan baik sesuai harapan. Mediator inilah yang mengumpulkan semua pihak yang terlibat kendatipun pemangku hajat telah memiliki EO sendiri. “Pihak-pihak ini saling melaporkan kesiapan masing-masing. Kami juga kembali mempertegas aturan mainnya sekaligus siap membantu persiapannya,” tutur Indra Nugraha yang biasanya bertugas menjadi mediator. Dari briefinginilah biasanya ketahuan hal-hal kecil yang biasanya terlewat. Seperti buku tamu, vas bunga, dan sebagainya. Mediator ini menjadi bagian dari pelayanan terpadu Bale Asri



Selain pernikahan, Pengelola juga menarifkan berbeda untuk event lain seperti pameran atau kegiatan lain yang bermuatan komersil. Seperti wedding fair kemarin, Igana Permana merogoh koceknya hingga Rp30 juta per harinya. Harga ini hanya untuk sewa gedung, biaya listrik, dan AC standar. Untuk partisi pameran seperti pada umumnya diserahkan pada kontarktor pameran. Dan, ini diluar koordinasi dengan Bale Asri. Kecuali jika membutuhkan kapasitas listrik tambahan atau lainnya.



Bale Asri juga kerap dipakai untuk seminar atau talk show. Untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa menyewanya lebih murah sekitar Rp 16 juta untuk event di hari Juma’at hingga minggu. Di luar itu pastinya lebih murah. Harga yang variatif ini pun menjadikan posisi Pusdai sebagai venue yang diperhitungkan di kota Bandung. Lembaga pendidikan pun mulai melirik Bale Asri untuk berbagai aktivitasnya. Seperti Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan dan Keguruan Siliwangi pernah memakainya untuk wisuda, menyusul Unpad memakainya sebagai tempat orientasi mahasiswa (ospek).



Keberhasilan menjual Bale Asri ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari factor manajemen Pusdai yang dikelola professional. Bale Asri ini dikelola manajemen khusus dan terpisah pengelolaannya dengan mesjid sejak 2004. Selain untuk bertujuan megoptimalkan pelayanan juga untuk meminimalisir pandangan negative sebagian orang tentang image komersialisasi mesjid.



Padahal, mesjid dan Bale Asri ini saling menunjang. Secara fungsinya, mesjid adalah areanya ritual ibadah yang panti non komersiaL. Sedangkan Bale Asri memang berfungsi sebagai sarana social keagamaan yang di satu sisi menghasilkan profit. Dan, hasilnya memang menguntungkan. Indra pun menyanggah jika seluruh aktivitas di Bale Asri dilihat dari segi profit saja. Pengelola sangat terbuka juga terhadap kegiatan-kegiatan social yang ingin menggunakan Bale Asri. Mereka bisa tanpa biaya, bahkan kalaupun ada hanya biaya listriknya saja. Seperti yang dilakukan oleh ESQ yang mengadakan training gratis untuk para guru. “Kita tidak menarifkan sewanya, hanya ongkos biaya listriknya saja sesuai pemakaian,” ujar Indra coordinator tatalaksana Bale Asri.



Bahkan, Anda ingin menggunakan mesjid saja untuk pernikahan tanpa Bale Asri, cukup berinfak saja, kebutuhan pernikahan standar Anda akan disediakan. Kecuali jika Anda membutuhkan MC, khutbah atau saritilawah, ada paketnya sehaga Rp 1,5 juta. Tetapi jika Anda memakai Bale Asri, mesjid sudah tidak perhitungkan dalam biaya. Untuk memberikan kenyamanan klien, pengelola sedemikian rupa mengaturnya sehingga tidak ada dua acara pernikahan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.



Selain Bale Asri, di Pusdai ini juga memiliki 2 buah ruang seminar berkapasitas 100 orang dan 40 orang. Harga sewanya pun sangat murah sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu per harinya. Harga ini sudah termasuk listrik 3000 watt, sound system, OHP dan screen, kursi, podium dan meja tamu. Ruang ini biasanya banyak dipakai oleh mahasiswa. Tiap tahun jumlah seminar yang digelar di ruang ini terus merangkak naik. “Tahun 2006 di sini terselenggara 153 acara, kemudian naik menjadi 192 acara di tahun 2007,” ungkap Yogi Prayoga, pengelola ruang seminar. Jika Anda ingin mengadakan acara outdoor, Plaza seluas 2.250 meter persegi dapat Anda gunakan. Biasanya, Plaza ini digunakan untuk konser music dan tablig akbar. Konser Kyai Kanjeng pun beberapa kali diadakan di tempat ini.



Area Pusdai ini memang memberikan kesan tersendiri di kalangan penggunanya. Diantara klien-kilen ini, sebagian besar merupakan repeater. Diakui Indra, promosi Pusdai tergolong sangat minim.Pernah merintis promosi lewat internet, tapi karena suatu hal sempat tertunda. Hingga kini, manajemen hanya mengandalkan promo lewat brosur bersamaan dengan event. Meski demikian, diakui Indra, saat ini Pusdai masih mengandalkan promo dari mulut ke telinga..”Dengan pelayanan yang baik, pasti tanpa disuruh klien kita pun akan bercerita,” tandasnya optimis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar