7 Jul 2011

UNESCO nobatkan Taman Nasional Wakatobi sebagai Cagar Biosfer DuniaUNESCO akan segera menetapkan Taman Nasional Wakatobi Indonesia di Sulawesi Tenggar

UNESCO akan segera menetapkan Taman Nasional Wakatobi Indonesia di Sulawesi Tenggara sebagai Cagar Biosfer Dunia. Hal itu diungkap Bupati Wakatobi Ir. Hugua pada Rabu, 22 Juni 2011. Rencanaya piagam UNESCO tersebut akan diserahkan pada September 2011.

Taman Nasional Wakatobi memiliki keragaman terumbu karang yang indah dan diperkirakan mewakili 90% spesies terumbu karang dunia. Dari total 850 spesies terumbu karang di dunia dan 750 diantaranya dapat ditemukan di bawah laut Wakatobi.

Selain kaya akan terumbu karang, Wakatobi juga dipenuhi oleh berbagai biota laut, termasuk 942 spesies ikan. Hal ini telah diidentifikasi oleh peneliti kelautan dari Operation Wallacea yang berbasis di London, Inggris.

Pertimbangan penting lain terpilihnya Wakatobi sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO adalah upaya Pemerintah Kabupaten Wakatobi untuk terus mengupayakan konservasi terumbu karang. Pemerintah setempat konsisten melestarikan lingkungan laut Wakatobi untuk melindunginya dari kerusakan dan juga karena telah menyediakan sumber mata pencaharian masyarakat.

Sebelum penyerahan piagam resmi UNESCO September nanti, Bupati Wakatobi Ir. Hugua telah diminta untuk memberikan presentasi tentang Konservasi Terumbu Karang Wakatobi di hadapan Majelis UNESCO yang diselenggarakan di Dresden, Jerman pada 28 Juni 2011.

So, apa lagi yang ga bikin bangga dari Indonesia ?? Kita sebagai generasi muda harus menjaga dan melestarikannya . Oke???
nb# baru blajar bkin thread ni . Mohon maklum.
Ni foto2 nya gan :
1. Lokasi Taman Nasional Wakatobi.
Quote:
2. Budaya dan rumah penduduk setempat
Quote:
3. Foto terumbu karang dan ekosistem di Taman Nasional Wakatobi
Quote:
4. Keadaan pantainya
Quote:
5. Touris yang pada berkunjung
Quote:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar